Kegiatan Kemah Bakti ke-5 YPIC Banjarnegara Tahun 2024

Oleh: Faruq, Jurnalis Cokrobamedia.com

Banjarnegara, 1 Februari 2024 – Yayasan Pendidikan Islam Cokroaminoto Banjarnegara (YPIC) kembali menyelenggarakan acara Kemah Bakti ke-5 di Desa Bantarwaru, Kecamatan Madukara, Kabupaten Banjarnegara, pada tanggal 30 Januari hingga 1 Februari 2024. Kegiatan ini merupakan bagian dari agenda rutin tahunan YPIC Banjarnegara yang dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat setempat serta sebagai ajang sosialisasi sekolah-sekolah di bawah naungan YPIC Banjarnegara.

Pihak penyelenggara, Yayasan Pendidikan Islam Cokroaminoto Banjarnegara, berterima kasih kepada Pemerintah Desa Bantarwaru yang telah memberikan tempat untuk pelaksanaan kegiatan ini. Tidak hanya itu, Serka Masrur sebagai unsur TNI dari Kodim 0704 turut berperan sebagai instruktur dan pelatih dalam agenda kegiatan survival pada hari kedua.

Acara Kemah Bakti kali ini diikuti oleh peserta dari tiga SLTA dibawah naungan YPIC Banjarnegara, yaitu SMK Cokroaminoto 1 Banjarnegara, SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara, dan SMA Cokroaminoto Banjarnegara, dengan tujuan utama mencari bibit kader yang akan diikutkan dalam seleksi anggota Komando Pasukan Inti (KOPASTI) pada acara Diklatsar yang akan diselenggarakan bulan Maret mendatang.

Kegiatan dimulai dengan seremoni upacara pembukaan, dilanjutkan dengan sarasehan antara warga dan YPIC Banjarnegara. Dalam rangka bakti sosial, YPIC Banjarnegara membagikan 50 paket sembako kepada warga Desa Bantarwaru yang membutuhkan, sebagai wujud kepedulian dan dukungan kepada masyarakat sekitar.

Hari kedua merupakan highlight dari acara Kemah Bakti, di mana peserta pilihan dari tiga SLTA mengikuti acara survival yang berbentuk hiking mengelilingi Desa Bantarwaru dengan menggunakan petunjuk-petunjuk dari panitia. Meskipun dihadapkan dengan hujan deras yang menyebabkan banjir pada malam kedua, antusiasme peserta tidak surut. Bahkan, acara pentas seni yang diselenggarakan pada malam tersebut dihiasi dengan kembang api, memeriahkan suasana.

Pencapaian yang patut disoroti adalah berkurangnya insiden peserta yang kesurupan, menandakan bahwa panitia telah melakukan seleksi dengan baik terhadap peserta Kemah Bakti kali ini. Antusiasme peserta yang semakin meningkat juga diindikasikan dengan tidak adanya peserta yang bolos atau kabur dari acara.

Tanggapan masyarakat Desa Bantarwaru sangat positif terhadap acara Kemah Bakti kali ini. Mereka merasa senang karena acara tersebut tidak hanya meriah, tetapi juga memberikan bantuan sosial yang berarti kepada 50 warga sekitar yang membutuhkan.

Dengan demikian, Kemah Bakti ke-5 YPIC Banjarnegara tahun 2024 berhasil menciptakan ikatan yang kuat antara YPIC dan masyarakat Desa Bantarwaru, serta mengukuhkan komitmen YPIC dalam memberikan kontribusi yang nyata bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Tetap pantau cokrobamedia.com untuk berita lebih lanjut terkait perkembangan acara-acara YPIC Banjarnegara.

Related posts